Cara Stabilkan Video di Android Mudah Stabilize Video di Google Foto Cepat

app stabilizer video

Stabilizer video sangat penting dilakukan bagi kita hobi mendokumentasikan aktifitas penting dalam hidup kita atau mendapat tugas daring sekolah untuk membuat video pendidikan. Barangkali diantara teman-teman ada yang belum tahu bagaimana cara stabilkan video di android mungkin ada yang hobi traveling, bersepeda, dan merekam setiap perjalanannya dengan kamera HP (smartphone) seadanya, tanpa dudukan HP disepeda, tanpa tripod tanpa stabilizer, alias modal HP doang, minim perangkat. Jangan khawatir disini solusi rekam video no tripod no stabilizer modal HP dapat hasil video yang stabil.

Youtuber pemula harus tau juga cara ini, tips cara menstabilkan video di android ini cocok untuk youtuber pemula atau yang memang belum familiar dengan software editing video di laptop. Cara stabilkan video ini adalah dengan bantuan aplikasi dari Google yaitu Google Foto dapat di unduh gratis di play store. Google Photo dirilis pada tanggal 29 Mei 2015 dan terakhir di-update tgl 21 Januari 2021 (sebelum artikel ini dibuat), jadi sudah 5 tahun google foto dan mengalami banyak perubahan, di artikel kali ini kita hadirkan tampilan dari google foto versi terbaru dengan fitur terbaru dan hasil terbaik.

Cara Stabilkan Video di Google Foto

Dalam artikel kali ini hanya di tampilkan cara stabilkan video dengan google photo di android, untuk cara stabilkan video di iphone kemungkinan akan kita bahan di artikel berikutnya atau kurang lebih tampilan fitur-fiturnya sama dengan google foto versi aplikasi android ini, dan untuk cara menstabilkan video di laptop teman-teman tinggal sedikit penyesuaian saja ya untuk buka google foto di komputer atau versi desktop. Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Google Foto

Langkah pertama kita buka aplikasi google foto di smartphone dan pastikan sudah ter-update ke versi yang terbaru ya, jangan lupa juga untuk memberi ulasan dan bintang 5 untuk aplikasi gratis google foto.

google foto app
Google App – Google Foto app


2. Pilih Video

Kedua kita pilih video yang akan di-edit. Dalam hal ini berdasarkan pengalaman pribadi kalau bisa video yang akan di stabilkan adalah video asli atau video yang pertama dan belum pernah di edit di aplikasi apapun. Karena hasilnya akan rusak atau jelek gambarnya, misalkan sudah kita edit dengan menambahkan teks maka hasil setelah di stabilkan di google foto teks tersebut akan goyang, sesaat nge-blur, gerak kanan-kiri tidak beraturan karena teks tersebut mengikuti frame video sebelum diedit. Jadi usahakan video hasil rekaman yang pertama ya.

Video dengan hasil stabilizer terbaik adalah video asli atau video pertama sebelum mengalami editan dan kompresan dari aplikasi lain.

pilih video untuk di stabilkan
Google Foto – tema gelap / mode malam

3. Pilih Icon Setelan

setelan di google foto
Setelan di tengah bawah

Langkah ketiga ada icon setelan di bagian tengah bawah google foto, sentuh icon tersebut untuk masuk ke tampilan editing video.

4. Icon Stabilizer

icon stabilizer di google foto
icon stabilizer bergambar kotak, nomor dua dari kanan setelah icon rotasi

Setelah kita sentuh icon ‘setelan’ maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Bagian bawah ada video bar, kemudian atasnya video bar ada audio dengan icon speaker, ekspor frame, stabilizer (icon kotak miring dalam kotak lurus), kemudian ada icon rotasi yaitu untuk memutar frame video. Langsung saja kita sentuh icon stabilizer untuk proses stabilkan dari google foto.

5. Tunggu Proses Stabilkan

Selanjutnya kita tunggu proses stabilkan dalam beberapa detik hingga beberapa menit tergantung dari besar file video yang kita stabilkan. Semakin besar file nya maka semakin lama proses penstabilannya.

proses menstabilkan
proses menstabilkan video di google foto

6. Pilih Simpan Salinan

simpan salinan di google foto
menu edit video di google foto

Setelah selesai proses menstabilkan video di google foto dapat kita putar (play) preview-nya untuk melihat apakah sudah bagus hasilnya. Sekalian jika ingin hasilnya nanti tanpa suara bisa kita pilih/sentuh icon audio/speaker tersebut untuk menonaktifkan suara, Video bar dapat digunakan untuk memotong awal dan atau akhir video, rotasi frame digunakan untuk mengubah posisi video horisontal ke vertikal atau sebaliknya dalam sudut putar kelipatan 90⁰.

simpan salinan di google foto
pilih ‘Simpan salinan’ disudut kanan atas

Jika editing video dirasa sudah cukup silakan dapat kita pilih ‘simpan salinan’ dipojok kanan atas, proses cara stabilkan video dengan google photo sudah selesai. File salinan akan disimpan di folder yang sama dengan file video aslinya.

Bagaimana sudah puas dengan hasil stabilizer google photo? Mudah dan praktis bukan? Sebagai contoh apabila kita merekam video dengan kamera HP yang dipegang dengan tangan saja tanpa tripod apalagi sambil bersepeda sudah pasti hasil video menjadi tidak karuan bergetar, goyang-goyang, lalu kita lihat perbedaannya saat setelah di stabilkan di google foto hasilnya enak dilihat kan?! Memang tampak beberapa kali ada tampilan video yang nge-blur ini menurut pemahaman saya dikarenakan pergerakan gambar yang cukup lebar dan tak beraturan arahnya sehingga saat di stabilkan pergerakan itu disamarkan sehalus mungkin tanpa mengurangi durasi maka jadilah nge-blur sesaat.

Ini bukan cara baru melainkan cara yang sudah lama sekali dibicarakan dan sudah banyak sekali diulas, akan tetapi faktanya masih banyak diantara kita yang belum mengetahuinya, semoga bermanfaat ya walau sedikit hehe. Apabila teman-teman ada pertanyaan silakan dapat tulis di kolom komentar, siapa tahu kita bisa saling berbagi, ok.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *