Jenis Kertas Label Barcode yang Umum Digunakan

label-barcode-sticklab-indonesia-direct-thermal-semicoat-transfer-thermal-yupo-silvermatte
label barcode – StickLab

Ruang Lingkup Label Barcode

Label Barcode saat ini penting sekali dimiliki oleh pemilik usaha atau produsen serta pertokoan retail. Seiring berkembangnya zaman usaha kecil menengah (UKM) pun dituntut untuk memiliki barcode atau kode barang agar masuk di pasar swalayan atau retail. Dalam hal ini pihak waralaba mewajibkan pemilik UKM untuk membuat kode batang atau barcode label sebagai salah satu syarat utamanya. Seringkali hal yang menjadi kendala para UKM adalah sudah terlanjur cetak kemasan dalam jumlah besar dan belum menyantumkan barcode di dalam kemasan tersebut, maka diperlukan kertas stiker label barcode sebagai solusinya, atau memang cetak kemasan secara universal untuk beberapa jenis produk maka diperlukan sekali menggunkan kertas stiker barcode.

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam pembuatan barcode label adalah adanya printer label barcode, kertas label barcode, ribbon jika menggunakan kertas thermal transfer. Sudah banyak online shop yang menawarkan atau jual label barcode lengkap tersedia bebepara pilihan ukuran label barcode, ada pula seller yang menyediakan jasa cetak label barcode guna membantu memudahkan pelanggan dalam mendapatkan label barcode tanpa perlu berinvestasi lebih besar seperti membeli printer barcode, serta keahlian khusus dalam pengoperasian software pembuat barcode nya.

Jenis Kertas Stiker Label Barcode

Untuk jenis kertas stiker barcode ada banyak macam, diantaranya ada kertas stiker Thermal, Semicoat, Yupo, dan Silvermate. Pemilihan material untuk label barcode sangat bergantung pada kegunaannya, untuk elektronik, perhiasan menggunakan label dari bahan Yupo karena tidak mudah rusak, tidak pudar dan tidak mudah robek. Untuk kemasan produk menggunakan stiker label silvermate, untuk barang di supermarket umumnya menggunakan kertas semicoated, sedangkan untuk perparkiran memakai Thermal Label. Dalam artikel ini cukup kita bahan tiga jenis bahan kertas label barcode yang umum dijual dipasaran.

Label Barcode Thermal (Direct Thermal)

30x20mm

Label Thermal adalah kertas stiker label barcode yang tanpa top coated dan dicetak dengan printer barcode direct thermal. Pada kertas label thermal ini tidak perlu menggunakan ribbon saat mencetaknya. Lebih praktis saat mencetak karena tidak perlu pasang ribbon, tetapi harga label nya sedikit lebih mahal dibanding dengan label semi coated.

Label Barcode Semi Coated (Thermal Transfer)

semicoated

Label Semi coated adalah kertas stiker label barcode yang memiliki permukaan agak mengkilat, karena label barcode Semi coated mempunyai lapisan (coat) pada lapisan stiker paling atas (top). Lapisan ini berfungsi untuk menutup pori-pori pada kertas stiker agar pada saat mencetak barcode menggunakan printer barcode, unsur carbon ribbon dapat tercetak dengan sempurna dan lebih tahan terhadap cipratan air. Label barcode Semi coated merupakan label barcode yang paling ekonomis karena harganya lebih murah dibanding label barcode lainnya. Label semi coated dapat tercetak dengan pita khusus yaitu ribbon barcode type Wax atau wax resin.

Label Barcode Yupo

yupo-label-perhiasan

Label Yupo adalah label barcode yang tahan terhadap air, tahan panas, dan anti sobek. Label Yupo ini cocok digunakan di luar ruangan (terik matahari, air hujan dan udara terbuka). Label Yupo ini biasanya dipakai untuk label perhiasan, label makanan beku (frozen food), label pengiriman / ekspor-impor, dll. Hasil cetaknya tidak akan hilang meskipun digosok dengan kuat. Lem stikernya pun lebih kuat dibandingkan dengan label barcode semi coated dan thermal. Ribbon barcode yang cocok digunakan dengan label Yupo ini adalah ribbon barcode dengan type Excellent Resin ( ribbon barcode dengan unsur wax paling rendah ) atau yang full resin. Banyak kelebihan dari label barcode yupo ini hanya saja lebih mahal dibandingkan dengan label barcode semi coated dan thermal.

Baca juga :

Terdapat banyak sekali ukuran kertas label barcode, tetapi secara umum ada beberapa pilihan seperti dalam tabel dibawah ini ;

Direct ThermalThermal Transfer (semi coated)Yupo
30x20mm 1line30x20mm 3line24x80mm (label emas)
40x30mm 1line33x15mm 3line
32x15mm 2line
27x15mm 2line
50x25mm 1line
50x30mm 1line
60x40mm 1line
100x150mm 1line

Sebelum kita dapat cetak label barcode perlu diketahui dahulu cara setting label barcode, di artikel berikutnya akan kita bahas cara setting label barcode di software BarTender dengan printer TSC TTP 244 Pro.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *