Lele Barbie Jenis Baru oleh Nur Fahrudin asal Jepara

Lele Barbie atau Lele Pink / Orange ditemukan oleh peternak perikanan asal Jepara yang viral saat ini. Jenis baru dari hasil rekayasa organik. Bp Nur Fahrudin, viral di media sosial warga Desa Mindahan, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini melakukan percobaan sederhana lele barbie selama empat tahun terakhir.

Lele Barbie dari Bp Nur Fahrudin ini merupakan hasil rekayasa dari indukan lele biasa yang diberi pakan alami berupa daun pepaya kuning (daun tua sebelum mengering) yang ada di pekarangan rumahnya.

Didorong rasa ingin memiliki lele berwarna beda, Bp Nur Fahrudin memulai percobaan sejak akhir 2016. Pada akhir 2019 indukan lele menghasilkan telur yang berbeda warna. Karena seluruh bagian lele memiliki warna oranye bercampur merah muda, Bp Nur Fahrudin warga Jepara ini memberi sebutan untuk lele budidayanya dengan nama Lele Barbie atau Lele Pink.

Menurut Peternak Lele Pink ini, hasil warna ini tercipta dari penelitian beliau terhadap daun singkong yang mempunyai unsur zat hijau daun atau klorofil. Warga Kota Ukir ini mengaku tidak bergantung pada pakan pabrikan, akan tetapi lebih mengutamankan pakan alami dari bahan organik. Selain bahan organik juga ditambah dengan bahan yang mengandung protein dalam takaran tertentu dan secara terus menerus membuat warna ikan lele menjadi pink.

Saat ini hasil budidaya Lele Barbie sudah bisa terjual ribuan lele barbie meski baru tahap keturunan pertama. Penemuan ini dapat menjadi inspirasi bagi siapa pun untuk melakukan inovasi, harap Bp Nur. Dari pemerintah setempat memberikan dukungan atas penemuan ini, juga akan mematentan penemuan Lele Barbie ini setelah mendapatkan beberapa turunan dari induk lele dan tidak berubah warna asli nya alias tetap berwarna pink sesuai namanya Lele Barbie atau Lele Pink / Lele Orange.

Foto : https://youtu.be/81OAfllO_0M

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *