Manfaat Kerodong Lovebird dan Waktu Pemakaiannya yang Tepat

kerodong-lovebird-header
kerodong-lovebird

Burung yang memiliki banyak varietas warna ini sering sekali dilombakan. Meski ukurannya hanya sekitar 12 sampai 15 cm saja dan sedikit lebih besar dari parkit, tetapi Lovebird memiliki suara yang sangat khas. Para pecinta burung yang berasal dari daratan Afrika ini menyebut kicauannya sebagai ngekek. Semakin panjang suara ngekek yang dikeluarkan, maka akan semakin bagus pula kesempatan menang yang bisa didapatkan. Dan para pemilik burung, pasti memiliki kerodong Lovebird.

Untuk menghasilkan ngekek yang panjang itu tentu saja dibutuhkan usaha berupa latihan dan pakan yang bergizi. Nah, salah satu latihan yang dijalani adalah menggunakan kerodong Lovebird. Dengan menutup sangkar Lovebird menggunakan kerodong, burung ini diharapkan fokus dengan suara burung lain yang diputar melalui mp3 sehingga akan menyahut dan menghasilkan ngekek yang panjang.

Namun, sudahkah Anda tahu manfaat apa saja dari kerodong Lovebird ini selain untuk melatih suara kicauannya? Kalau belum, Anda bisa menyimak info mengenai kerodong Lovebird di bawah ini.

Manfaat Kerodong Lovebird

Mengapa burung mungil yang dapat menghasilkan ngekek khasnya ini bisa dinamakan Lovebird? Hal ini karena apabila burung-burung ini disatukan dalam sebuah kandang, maka mereka akan saling berdekatan dan lengket satu sama lain, baik yang jantan maupun betina.

Salah satu upaya perawatan untuk Lovebird ini yakni menggunakan kerodong untuk menutupi sangkar Lovebird. Kerodong ini biasanya terbuat dari bahan kain yang halus dan bentuknya menutup keseluruhan sangkar. Biasanya kerodong Lovebird ini digunakan untuk melatih suara ngekek burung mungil tersebut, tetapi ada manfaat lain juga yang bisa digunakan sesuai dengan pembahasan berikut ini.

  1. Mempercepat Waktu Rontoknya Bulu Burung Lovebird

Sama seperti burung lainnya, ketika sudah memasuki usia dewasa, Lovebird juga akan mengalami fase mabung atau perontokan bulu. Sehingga untuk mempercepat proses mabung ini, Anda bisa memberikan kerodong sangkar Lovebird. Hal ini tentu saja membuat burung akan menjadi lebih tenang dan fokus dalam menumbuhkan bulu-bulu mereka yang sudah rontok.

  1. Mencegah Burung Menjadi stres

Burung termasuk Lovebird sangat mudah sekali mengalami stres apabila melihat sesuatu di luar kandang yang mengganggunya. Misalnya saja ketika Anda ingin memindahkan Lovebird dari tempat A ke tempat B dengan jarak yang cukup jauh dan harus melewati jalan raya. Tentu saja Anda membutuhkan kerodong Lovebird agar burung tersebut menjadi lebih tenang.

  1. Melatih Suara Kicaunya

Salah satu cara untuk membangkitkan suara kicau burung mungil ini adalah dengan memakaikan kerodong. Ketika Anda sudah memandikan burung ini dan mengeringkannya, Anda bisa langsung mengerodongnya.

Kemudian Anda bisa memutarkan mp3 suara burung lain agar Lovebird bisa lebih berkonsentrasi untuk menyahut kicauannya dan menghasilkan suara emasnya. Ini merupakan salah satu upaya termudah untuk melatih suara Lovebird.

  1. Dapat Menjaga Keamanan dan Kesehatan Burung

Ketika Anda hendak menaruh Lovebird ini di luar rumah, terutama di malam hari, sebaiknya tetap memasang kerodong pada sangkarnya. Hal ini karena di malam hari sering sekali serangga mengganggu burung ini seperti nyamuk, laba-laba, dan lain-lain. Kerodong ini sendiri juga memiliki fungsi untuk menjaga sangkar Lovebird agar tetap hangat sehingga Lovebird tidak mudah sakit.

Masalah yang Sering Ditimbulkan Ketika Memakai Kerodong Lovebird

Penggunaan kerodong Lovebird ini meski memiliki beberapa manfaat juga memiliki beberapa masalah apabila pemakaiannya tidak tepat. Hal ini karena dengan menggunakan kerodong, burung tidak dapat melihat dunia luar, tetapi akan sering mendengar suara kicauan burung lain. Tentu saja ia akan menjadi stres, over birahi, sulit dikontrol, dan over fighter.

Ini memang masalah yang akan sering Anda temui bila tidak tepat pemakaian kerodong pada sangkar Lovebird ketika melepas kerodong. Bahkan yang paling celaka adalah burung Lovebird ini bisa mencabuti bulunya sendiri apabila terlalu over stres.

Waktu yang Tepat Untuk Memasang Kerodong Lovebird

Nah, setelah tahu apa saja manfaat dan masalah yang ditimbulkan dari penggunaan kerodong ini, Anda harus tahu waktu yang tepat untuk memakaikan kerodong agar Lovebird tidak stress. Karena sejatinya hampir sama dengan pleci yang selalu dikerodong pakai kerodong pleci, Lovebird juga bisa merasakan frustasi.

Waktu yang baik dalam memakaikan kerodong adalah ketika matahari tenggelam sampai sebelum fajar tiba. Hal ini karena ketika waktu menjelang malam, udara menjadi lebih dingin. Kerodong ini mampu membantu udara di sekitar kandang menjadi lebih hangat dan membuat Lovebird tidak mudah sakit. Selain itu juga membantunya terhindar dari serangan serangga seperti nyamuk dan lain-lain.

Lalu ketika fajar tiba biasanya burung-burung lain suka berkicau sehingga Lovebird Anda pun juga akan ikut berkicau. Maka dari itu wajib bagi Anda melepas kerodong ini sebelum fajar tiba agar Lovebird Anda bisa menyesuaikan diri dengan alam di pagi hari dan berkicau sekeras mungkin sehingga menghindarkannya dari stres.

Kemudian Anda juga bisa menyesuaikan tebal tipisnya kain kerodong untuk menyesuaikan keadaan musim. Karena kalau terlalu tebal dan Anda memakaikannya di musim kemarau, tentu saja Lovebird Anda akan kepanasan.

Dan, untuk Anda yang ingin menerapkan sauna Lovebird dengan mengerodongnya terus menerus agar menghasilkan suara ngekek yang panjang sebaiknya tidak dilakukan. Karena meski suara yang dihasilkan sangat bagus, tetapi Lovebird Anda akan stres berat dan mudah sakit.

Harga Kerodong Lovebird

Untuk kerodong ini memiliki berbagai macam harga. Biasanya mulai dibanderol dari harga 20.000 rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Kenapa kok harga kerodong sangkar Lovebird ini bisa mencapai ratusan ribu rupiah? Hal ini biasanya dipengaruhi ukuran kerodong dan jenis kain yang digunakan.

Untuk yang model tipis dengan ukuran yang kecil, Anda bisa mendapatkannya dengan harga sekitar 20 ribuan saja. Namun, untuk ukuran yang lebih besar dengan bahan yang lebih tebal tentu saja akan mencapai ratusan ribu.

Untuk membeli kerodong ini Anda bisa mendapatkannya di pasar burung, atau membelinya melalui marketplace seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dan lain-lain. Sebelum membelinya, pastikan dulu review kerodong ini bagus ya agar Anda tidak kecewa dan tentu saja bisa digunakan dengan baik.

Nah, itu dia sedikit ulasan dari kami mengenai manfaat kerodong Lovebird dan waktu yang tepat untuk memakaikannya. Apabila bermanfaat, Anda bisa share info ini ke teman, keluarga, atau sahabat yang membutuhkan. Oh iya, bagi Anda yang sedang mencari berbagai info mengenai hobi dalam memelihara binatang selain Lovebird ini bisa juga membaca artikel yang lain di Tetrakita.

Kami merupakan sebuah blog yang berisi berbagai macam informasi mengenai tips and trik tutorial, resep, kesehatan, pendidikan, hobi, bisnis, pertanian, info wisata, game, layanan jasa, teknologi, dan info yang bermanfaat lainnya. Kami berkomitmen untuk selalu menyajikan konten yang berkualitas dan informatif untuk para pembaca.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *