Pengertian Barcode, Label, Printer, Scanner dan Jenis-jenis Kertas Stiker Label Barcode-nya, apa itu?

label-barcode-sticklab-indonesia-direct-thermal-semicoat-transfer-thermal-yupo-silvermatte
Barcode Labels by StickLAB

Label Barcode – Sekarang ini banyak tempat seperti Pertokoan, Pergudangan, Industri, Rumah Sakit, Perpustakaan, Jasa Pengiriman, yang ramai-ramai menggunakan label barcode untuk membantu dalam penulisan, penamaan, dan pencatatan kedalam sistem kerja mereka dengan harapan efisiensi waktu, lebih akurat, mengurangi ‘human error’, dll. Akan tetapi tahukah Anda apa itu “Barcode?” “Label Barcode?” “Printer Barcode?” dan “Jenis-jenis Kertas Stiker Barcode yang umum digunakan?“, nah berikut ini sedikit penjelasan nya.

Label Barcode

Pengertian:

  1. “Apa itu Barcode?”
    merupakan sekumpulan garis vertikal berbentuk batang atau ‘bar’ dan spasi dari suatu kode (kombinasi huruf dan atau angka) yang memiliki ketebalan yang berbeda, umumnya berwarna hitam. Setiap garis melambangkan kode-kode yang telah diatur sedemikian rupa dan dapat dibaca menggunakan alat Barcode Scanner.
  2. “Apa itu Label Barcode?”
    yaitu Media yang digunakan untuk mencetak kode bar atau Barcode. Dicetak menggunakan printer khusus ‘Printer Barcode’. Label barcode sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu Label Tag dan Stiker Barcode. Label Tipe Tag biasanya dari bahan kertas non stiker digunakan pada produk / barang seperti pada baju, sepatu atau tas, jenis kedua tipe Stiker Barcode digunakan pada kemasan makanan / produk seperti di retail . Label barcode tipe stiker menggunakan media kertas stiker dalam bentuk Roll. Jumlah stiker Label Barcode dalam satu Rollnya berfariasi tergantung pada ruang didalam printer barcode tersebut.
  3. “Apa itu Printer Barcode?”
    Printer Barcode adalah sebuah alat pencetak yang di design khusus untuk mencetak barcode (pada khususnya) dan teks/logo (pada umumnya) dalam sebuah kertas stiker.
  4. “Apa itu Barcode Scanner?”
    Barcode Scanner adalah alat untuk menterjemahkan barcode menjadi sebuah susunan angka dan atau kombinasi dengan huruf kemudian diinput kedalam program komputer.

Jenis Kertas Stiker barcode:

  1. “Apa Jenis Kertas Stiker Barcode yang umum digunakan?”
    Kertas Stiker Label barcode membutuhkan jenis bahan tertentu agar stiker tersebut dapat dicetak dan dapat ditempel dengan baik. Apa Jenis Kertas Stiker Barcode yang umum digunakan? Untuk jenis kertas stiker barcode ada banyak macam, diantaranya ada kertas stiker Thermal, Semicoat, Yupo, dan Silvermate. Pemilihan material untuk label barcode sangat bergantung pada kegunaannya, untuk elektronik, perhiasan menggunakan label dari bahan Yupo karena tidak mudah rusak, tidak pudar dan tidak mudah robek. Untuk kemasan produk menggunakan stiker label silvermate, untuk barang di supermarket umumnya menggunakan kertas semicoated, sedangkan untuk perparkiran memakai Thermal Label.
    1. Semi coated
      Label Semicoated adalah kertas stiker label barcode yang memiliki permukaan agak mengkilat, karena label barcode Semicoated mempunyai lapisan (coat) pada lapisan stiker paling atas (top). Lapisan ini berfungsi untuk menutup pori-pori pada kertas stiker agar pada saat mencetak barcode menggunakan printer barcode, unsur carbon ribbon dapat tercetak dengan sempurna dan lebih tahan terhadap cipratan air. Label barcode Semicoated merupakan label barcode yang paling ekonomis karena harganya lebih murah dibanding label barcode lainnya. Label semicoated dapat tercetak dengan pita khusus yaitu ribbon barcode type Wax atau wax resin.
    2. Thermal
      Label Thermal adalah kertas stiker label barcode yang tanpa top coated dan dicetak dengan printer barcode direct thermal. Pada kertas label thermal ini tidak perlu menggunakan ribbon saat mencetaknya. Lebih praktis saat mencetak karena tidak perlu pasang ribbon, tetapi harga label nya sedikit lebih mahal dibanding dengan label semicoated.
    3. Yupo
      Label Yupo adalah label barcode yang tahan terhadap air, tahan panas, dan anti sobek. Label Yupo ini cocok digunakan di luar ruangan (terik matahari, air hujan dan udara terbuka). Label Yupo ini biasanya dipakai untuk label perhiasan, label makanan beku (frozen food), label pengiriman / ekspor-impor, dll. Hasil cetaknya tidak akan hilang meskipun digosok dengan kuat. Lem stikernya pun lebih kuat dibandingkan dengan label barcode semicoated dan thermal. Ribbon barcode yang cocok digunakan dengan label Yupo ini adalah ribbon barcode dengan type Excellent Resin ( ribbon barcode dengan unsur wax paling rendah ) atau yang full resin. Banyak kelebihan dari label barcode yupo ini hanya saja lebih mahal dibandingkan dengan label barcode semicoated dan thermal.
    4. Silver Matte, Label Silver Matte adalah label barcode yang kuat tahan air, tahan terhadap panas, dan anti air. Karakteristiknya hampir sama dengan label Yupo hanya saja bahan nya dari silver polyester.

Pada artikel berikutnnya akan kami bahas tentang Jenis Kode Barcode dan fungsinya, dimensi barcode, macam-macam printer barcode, serta keuntungan dalam menggunakan Label Barcode. []

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *