Pentingnya Memilih Kerodong Pleci yang Tepat Untuk Sangkar Pleci Anda

Bagi Anda para pecinta burung, pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis burung pleci. Ya, burung berukuran kecil ini sudah banyak dikenal karena tingkahnya yang lincah dan suara kicauannya yang merdu sehingga sangat menarik untuk dipandang. Dalam memelihara pleci, salah satu yang tidak boleh disepelekan adalah pemilihan kerodong pleci yang tepat untuk sangkar Anda.

Fungsi Penting Kerodong Pleci

Memilih sangkar untuk burung kesayangan memang tidak boleh sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan banyak hal seperti bentuk sangkar pleci, ukuran sangkar pleci, kondisi dan jarak jeruji sangkar pleci, warna sangkar pleci, hingga model tangkringan di dalam sangkar pleci.

Selain sangkar, komponen lain yang tidak kalah penting untuk memastikan burung pleci bisa tinggal nyaman adalah kerodong. Kerodong pleci yang digunakan untuk menutupi sangkar pleci memiliki berbagai fungsi yang sangat penting. Berikut adalah beberapa di antaranya :

  1. Melindungi Burung Pleci

Walaupun sangkar burung umumnya akan digantungkan di langit-langit, hal ini tetap tidak menutup kemungkinan burung kesayangan bisa terkena serangan dari berbagai hewan lain yang membahayakan, seperti tikus atau ular. 

Kerodong sangkar pleci bisa menutupi sangkar dan melindungi burung pleci dari serangan predator berbahaya tersebut. Hal ini juga menjadi faktor penting yang bisa membuat burung pleci menjadi lebih senang dan terhindar dari stress sehingga bisa tetap lincah dan berkicau dengan merdu.

Selain penggunaan kerodong, hal lain yang penting untuk melindungi burung pleci dari ancaman predator adalah kondisi jeruji di sekeliling sangkar pleci. Anda perlu memastikan jeruji ini kuat dan tidak goyang atau goyah dan juga jaraknya tidak terlalu longgar. Jangan sampai jeruji mudah dirusak maupun dilewati, baik dari luar maupun dalam.

  1. Menjaga Suhu Tubuh Burung Pleci

Selain melindungi burung dari serangan predator, kerodong pleci juga bisa berfungsi untuk menjaga suhu tubuh burung supaya tetap stabil. Saat cuaca panas, kerodong bisa membuat bagian dalam sangkar pleci tetap adem dan nyaman. Sedangkan saat cuaca dingin, kerodong akan bisa membuat burung pleci tetap merasa hangat di dalam sangkarnya.

Hal ini tentunya sangat ditentukan dari bahan pembuat kerodong sangkar pleci yang Anda pilih. Bahan kerodong yang terbuat dari kaos biasanya memiliki fungsi pengaturan suhu yang lebih baik.

  1. Menjaga Burung Pleci dari Stress

Burung pleci adalah salah satu jenis yang mudah merasa stress jika lingkungan atau habitat tempat tinggalnya tidak mendukung. Jika sudah sampai stress, burung pleci bisa jadi tidak bersemangat, susah makan, atau bahkan tidak mau berkicau lagi.

Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan kerodong pleci untuk menjaga burung pleci kesayangan Anda dari stress. Kerodong bisa berfungsi sebagai pelindung yang melindungi burung dari berbagai faktor stress lingkungan sekitar, misalnya suasana yang terlalu ramai, pencahayaan yang terlalu menyilaukan, ataupun adanya burung atau hewan lain yang mungkin mengancam burung pleci Anda.

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan Burung Pleci

Sama seperti manusia, burung pleci juga bisa terkena berbagai jenis penyakit yang bahkan bisa sampai membahayakan nyawanya. Salah satu teknik yang biasa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan pada burung adalah teknik kerodong, yaitu menutupi sangkar burung pleci dengan kerodong pleci selama beberapa waktu sampai kondisi burung membaik.

Salah satu jenis penyakit yang biasanya memanfaatkan teknik kerodong adalah penyakit tetelo yang menyerang syaraf burung. Setelah diberi obat, dianjurkan untuk menutupi sangkar burung dengan kerodong pleci dan meletakkannya di tempat yang tenang dan hangat.

  1. Menenangkan Burung Pleci

Ada kalanya beberapa jenis burung pleci memiliki sifat yang lebih agresif. Burung pleci seperti ini bisa mudah terpancing dengan berbagai jenis trigger, terutama suara-suara dari lingkungan sekitar, bisa suara mobil, suara alat-alat rumah tangga, ataupun suara kicauan dari burung lain.

Untuk menghindari burung jadi terlalu ribut atau liar, Anda bisa memasangkan kerodong pleci untuk membatasi pandangan burung pleci. Jika tidak bisa melihat sumber suaranya, burung pleci bisa menjadi lebih tenang dan tidak mudah terpancing.

Anda bisa menggunakan kerodong sangkar pleci ini untuk menenangkan burung selama di rumah, di perjalanan saat akan dipindahkan, atau saat ditempatkan di lapangan terbuka.

  1. Membuat Performa Burung Lebih Prima

Burung pleci terkenal dengan suara kicauannya yang merdu dan keras, karenanya burung ini sering menjadi andalan untuk mengikuti perlombaan kicau burung. Burung pleci yang berpotensi menjadi juara adalah burung yang dalam kondisi sehat dan tidak stress.

Anda bisa memanfaatkan kerodong pleci untuk membantu memantapkan performa burung pleci Anda. Kerodong ini bisa memastikan burung pleci Anda aman dan nyaman sampai waktu perlombaan tiba.

Harga Kerodong Pleci

Harga kerodong sangkar pleci yang dijual di toko bisa beragam, biasanya harganya akan tergantung dari beberapa hal berikut:

  • Bahan kerodong

Kerodong pleci yang banyak dijual di pasaran sekarang memiliki material atau bahan pembuat yang beragam. Semakin bagus kualitas bahannya, maka harganya akan semakin mahal. Salah satu bahan kerodong yang paling banyak dicari adalah bahan kaos karena materialnya halus, tebal, dan adem.

  • Ukuran kerodong

Ukuran kerodong pleci juga bisa menentukan harga kerodong sangkar pleci, ukuran yang lebih besar akan membuat harga kerodong lebih mahal. Ukuran ini biasanya disesuaikan dengan bentuk sangkar pleci yang Anda miliki.

Bentuk sangkar pleci yang paling umum ditemui adalah bentuk bulat dan kotak. Ada juga jenis kerodong yang bisa digunakan untuk bentuk sangkar apapun, baik bulat maupun kotak. Untuk sangkar burung pleci yang berbentuk kotak, alasnya biasanya memiliki sisi 22 x 22 cm dan tingginya sekitar 40-45 cm.

Kerodong Pleci Sangkar Kotak

Kerodong pleci yang baik adalah yang memiliki ukuran pas dengan sangkarnya. Ini bisa memastikan kerodong bisa melindungi burung dengan lebih efektif. Ukuran kerodong yang pas dengan sangkarnya juga tidak akan menyisakan celah untuk dimasuki oleh binatang lain yang bisa mengancam keamanan burung pleci.

  • Fitur kerodong

Beberapa jenis kerodong pleci jaman sekarang sudah mulai banyak diberi tambahan berbagai inovasi yang membuatnya semakin praktis dan menarik, misalnya, pemilihan warna kerodong yang semakin beragam, bordir hiasan pada permukaan kerodong, ataupun variasi resleting pada kerodong.

Pilihan warna yang biasanya digunakan untuk kerodong pleci adalah warna yang tua dan gelap tapi tetap mencolok, misalnya merah tua, hijau tua, atau biru tua. Sedangkan untuk variasi resleting, ada kerodong dengan satu atau dua resleting. Keduanya memiliki fungsi dan harga yang berbeda. Kerodong dengan dua resleting bisa mempermudah untuk membuka dan memasang kerodong.

Di atas adalah penjelasan tentang harga dan juga fungsi penting dari kerodong pleci. Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda memilih jenis kerodong yang berkualitas dengan harga yang sesuai. Anda bisa menemukan kerodong sangkar pleci di berbagai toko aksesoris burung, baik offline maupun online.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *